Sabtu, 16 Februari 2013

Merencanakan Impian

Apakah impian butuh perencanaan?terus bagaimana merencanakan impian? Saya yakin kita pernah bermimpi jadi orang sukses dan bisa mewujudkan impian tersebut. Bermimpi adalah aktivitas yang sebenarnya sudah kita jalani sejak kita masih duduk di sekolah dasar, di mana kita sering di arahkan untuk memiliki cita-cita yang kita impikan. Tetapi masih ingatkan kita dengan mimpi kita pada saat itu? berapa banyak mimpi yang ingin kita raih? apakah mimpi anda itu hanya sepintas kemudian hilang atau hanya sekedar angan-angan yang kemudian kita lupakan begitu saja.

Inilah yang hal yang pernah saya alami, saya dulu mengimpikan bahwa suatu saat saya kan menjadi tentara yang hebat, yang bisa membela bangsa dan Negara dari serangan musuh, impian ini sangat kuat karena hal ini saya impikan ketika saya masih duduk di sekolah dasar sampai saya duduk di sekolah menengah atas. Impian yang pernah saya bangun tersebut lama-kelamaan memudar karena muncul impian-impian baru yaitu menjadi pemusik, menjudi pelukis, menjadi atlit voly dan meneruskan kuliah.
Semua mimpi-mimpi tersebut saya bangun berawal kesukaan saya atau hobi, dulu saya sangat suka ngeband, suka menggambar khususnya gambar-gambar kartun dan karikatur, suka voly bahkan hampir tiap sore yang main voly dan terkahir saya juga suka berkumpul dengan teman-teman yang suka membicarakan tentang dunia perkulihan. Saya sangat suka memimpikan hal tersebut, dan tidak pernah terlintas dalam pikiran saya bahwa untuk mencapai mimpi tersebut saya akan mengalami banyak rintangan. Ya inilah idealisme saya saat saya masih remaja, masa di mana saya sangat optimis terhadap mimpi-mimpi saya.
Lama kelamaan satu persatu dari impian saya memudar, hal itu terjadi karena saya mulai mampu melihat realita dan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi jika saya ingin maraih impian tersebut. Akhirnya hanya ada satu impian yang masih saya pertahankan yaitu melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi. Inilah satu kekuatan yang saya miliki saat itu, yang menjadikan saya kuat untuk menjalani aktivitas saya yang bisa di bilang tidak mudah. Saya ini orang kampung yang tinggal di daerah pelosok kebupaten grobogan dan berdekatan dengan perbatasan kabupaten sragen, jarak rumah dari sekolah adalah 10 km, hanya ada satu angkutan umum dan itupun kadang ada kadang tidak, saya tidak punya kendaraan sendiri, sehingga hampir selama tiga tahun saya lebih banyak cari tumpangan  atau meminta belas kasihan orang lain untuk bisa sampai sekolah, namun karena kegigihan saya selama tiga tahun sekolah saya hanya telat dua kali saja. Kemampuan saya bertahan dengan keadaan itu di karenakan saya ingin sekali bisa mewujudkan impian saya.
Setelah memasuki kelas tiga SMA kenyataan pahit harus saya rasakan kembali, bapak saya penghasilannya menurun drastis karena krisis moneter yang terjadi pada saat itu. Uang gaji ayah hanya cukup untuk makan, bahkan untuk memenuhi kebutuhan sekolah saya dan adik ayah harus hutang kesana-kemari. Keadaan itu membuat saya ngedrop yang berakibat pada penurunan prestasi dan semangat belajar, tapi masih beruntung saya masih bisa lulus SMA meskipun nilai yang standar. Saat itu saya masih memegang mimpi saya dan masih berharap bisa melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi. Semenjak lulus SMA inilah masa-masa kelam saya lalui, hingg saya tidak berani lagi bermimpi, hidup tidak ada semangat dan gairah hampir saya jalani selama empat tahun setelah tamat dari SMA.
Merencakan kembali impian, inilah hal pertama yang saya bangun ketika saya mulai memiliki semangat untuk berubah dan menjadi lebih baik, saya mulai merencakan kembali impian yang dulu pernah hilang. Caranya sangat sederhana anda bisa memulainya dengan menuliskan impian-impian yang ingin di raih, tulis sebanyak mungkin impian-impian anda, tidak usah takut menuliskannnya, jangan pikirkan apa-apa dulu selain mimpi-mimpi yang ingin anda capai di masa yang akan datang. Tulislah dengan percaya diri dan cara pandang yang benar terhadap diri anda bahwa anda adalah orang hebat yang memiliki berbagai macam potensi luar biasa yang bisa di kembangkan secara maksimal. Setelah semuanya anda tulis simpan tulisan tersebut, kalau perlu tempelkan tulisan tersebut di kamar anda, letakkan tulisan itu di bagian terpenting yang sangat mungkin bisa anda lihat setiap saat saat anda masuk kamar.baca ya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts