Sabtu, 16 Februari 2013

Bagaimana Menghitung Kecepatan Membaca?

Ketika pertama kali saya mengenal membaca cepat, ada hal yang saya tanyakan pada diri saya sendiri, berapa kecepatan membaca saya dan bagaimana saya bisa menghitung kecepatan membaca? Setelah mencari-cari dari berbagai buku saya pun menemukan bagaimana cara menghitung kecepatan membaca.
Dan Anda pun, akan belajar bagaimana menghitung kecepatan membaca Anda hari ini juga. Hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mulai menghitung
  1. Membacalah seperti Anda membaca setiap hari. Di sini tujuannya adalah mengukur, jadi Anda harus membaca dengan jujur seperti biasanya Anda membaca. Tidak usah terburu-buru karena dihitung, santai saja anggap saja membaca Anda tidak dihitung
  2. Persiapkan alat penghitung. Tapi saya sarankan Anda menggunakan stopwatch, supaya lebih enak dalam menghitungnya
  3. Membacalah ditempat yang nyaman, supaya Anda tidak terganggu dengan kebisingan atau hal-hal lain yang mungkin mengganggu konsentrasi Anda
Tiga hal tersebut perlu Anda perhatikan, supaya Anda bisa mengukur kecepatan membaca Anda dengan lebih akurat.

Rumus Untuk Mengukur Kecepatan Membaca
Seperti yang saya kutip dalam bukunya Soedarso yang berjudul Speed Reading (Sistem Membaca Cepat dan efektif) dijelaskan bahwa rumus menghitung kecepatan membaca adalah:



Contoh: Anda membaca 2000 Kata, dalam waktu 5 menit 20 detik, kalau dihitung dalam detik 320 detik, maka kecepatan Anda
2000: 320 x 60 = 375 KPM
Setelah Anda mengetahui hasilnya, langkah selanjutnya adalah melihat tabel klasifikasi kecepatan membaca. Tabelnya adalah sebagai berikut:

Lambat 100-150 KPM
Rata-rata 150-300 KPM
Cepat 300-500 KPM
Sangat cepat 500-1.000 KPM
Super cepat Di atas 1.000 KPM
Tabel saya kutip dari buku Iwan Sugiarto dalam bukunya Mengoptimalkan Daya Kerja Otak Dengan Berpikir Holistik Dan Kreatif
Dalam contoh ini, kecepatan membacanya berarti dalam kategori cepat.
Catatan: KPM (kata per menit)adalah satuan yang digunakan untuk mengukur kecepatan membaca. Namun kadang kala ada juga yang menggunakan WPM (Word per minute), ini sama saja dengan KPM jadi tidak usah Anda permasalahkan.

Bagaimana Menghitung Jumlah Kata?
Menurut Soedarso untuk menghitung jumlah kata dalam bacaan yang Anda baca, hitung jumlah kata dalam lima baris dahulu, lalu bagilah lima. Hasilnya merupakan jumlah rata-rata per barus dari bacaan itu, lalu hitung jumlah baris yang Anda baca, dan kalikan dengan jumlah rata-rata tadi, hasilnya merupakan jumlah kata yang Anda baca, Misalnya:
Jumlah kata per baris rata-rata = 11
Jumlah baris yang Anda baca = 60
Jumlah kata yang Anda baca =11 x 60 = 660 kata
Untuk latihan ini Anda juga bisa menggunakan alternatif lain, yaitu dengan cara menuliskan bacaan dalam Microsoft Word, atau Anda tinggal copy paste aja bacaan dari internet atau koleksi tulisan Anda dalam Microsoft word. Di Microsoft word Anda akan lebih mudah mengetahui jumlah kata, Anda bisa lihat di pojok kiri bawah, di sana sudah tertera berapa jumlah kata yang ada dalam Microsoft word. Untuk bisa membaca lebih baik, Anda bisa print bacaan tersebut. Kemudian Anda sudah siap membaca. Demikianlah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghitung kecepatan membaca. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts